Thursday, January 30, 2014

Atasi Banjir Pantura, Pemerintah Siapkan Modernisasi Irigasi

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Pemerintah melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, menyiapkan sejumlah langkah modernisasi irigasi.
Hal itu dimaksudkan untuk mengatasi banjir yang merendam jalur pantura maupun desa-desa yang sungainya berada di bawah kewenangan BBWS Citarum.

‘’Modernisasi irigasi itu dilaksanakan pada lima aspek,’’ ujar Kepala BBWS Citarum, Adang Syah Ahmad, di sela-sela kunjungan ke lokasi banjir bersama Komisi V DPR RI di Desa Bugel, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, Rabu (29/1).



Adapun kelima aspek itu, sebut Adang, yakni prasarana irigasi misalnya embung, pintu air dan saluran air, ketersediaan air, manajemen pengoperasian irigasi, kelembagaan pengelolaan irigasi dan sumber daya manusia (SDM) pelaksananya.

Dengan modernisasi irigasi, kinerja irigasi akan menjadi lebih baik. ‘’Hal itu akan dilaksanakan pada akhir tahun 2014 nanti,’’ kata Adang.

Adang menambahkan, modernisasi irigasi tersebut merupakan solusi jangka panjang untuk mengatasi banjir di pantura.
Untuk jangka pendek, di antaranya dengan menghilangkan bottle neck (penyempitan) sungai sehingga air dapat dengan cepat terbuang ke laut.

Hal itu seperti yang terjadi di sungai Bugel, Desa Bugel, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu. Sungai selebar 15 meter itu, memiliki jembatan yang hanya selebar tujuh meter. Akibatnya, laju deras air menjadi meluber.

Sedangkan solusi jangka menengah, lanjut Adang, dengan normalisasi sungai. Dengan demikian, sungai dapat menampung air lebih banyak dan dapat mencegah meluapnya air sungai.

‘’Untuk mengatasi banjir pantura, dibutuhkan kerja sama semua sektor yang terkait, termasuk dengan pemerintah daerah,’’ tegas Adang.

Hal senada diungkapkan anggota Komisi V DPR RI, Yoseph Umar Hadi. Pihaknya melibatkan sejumlah kementerian, terutama Kementerian PU dan Kementerian Perumahan Rakyat, untuk penanganan pascabanjir. Pihaknya pun mendorong agar masalah-masalah yang menjadi penyebab banjir dapat segera teratasi.